Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : MI. Ma’arif
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : II / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
( 1x tatap muka)
Standar
Kompetensi :
3. Melakukan perkalian dan
pembagian bilangan sampai dua angka
Kompetensi Dasar :
3.1. Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
Indikator :
3.1.1. Merumuskan perkalian bilangan yang hasilnya
bilangan dua angka dengan penjumlahan berulang
3.1.2. Menghitung perkalian bilangan yang hasilnya
bilangan dua angka dengan penjumlahan berulang
3.1.3. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mengamati sebuah gambar,
1. Siswa dapat merumuskan perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka dengan penjumlahan berulang
2. Siswa dapat menghitung perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka dengan penjumlahan berulang
3. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
Materi Pembelajaran :
-
Perkalian Bilangan
Metode pembelajaran :
-
Ceramah
-
Tanya jawab
Langkah
– Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode
|
Media
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan:
|
|
|
10 menit
|
Guru mengucapkan salam, doa bersama, dan presensi kehadiran
siswa.
Apresepsi:
§ Guru menanyakan kepada siswa tentang apakah perkalian itu?
§ Guru menyampaikan garis besar tujuan
pembelajaran
|
Tanya jawab
Ceramah
|
|
5 menit
5 menit
|
Kegiatan Inti:
|
|
|
40 menit
|
Eksplorasi:
§ Siswa mengamati sebuah gambar yang diberikan oleh guru
Elaborasi:
§ Guru membagikan kertas bergambar hewan masing-masing satu bangku satu
§ Siswa
diminta untuk menghitung
ada berapa kaki hewan yang ada pada gambar tersebut
§ Siswa diminta untuk menulis hasilnya di bawah gambar yang sudah
disediakan dan menempelkannya di kertas manila yang sudah disediakan guru
§ Bagi yang selesai terlebih dahulu diminta
untuk membacakan hasil pengerjaannya di depan kelas
Konfirmasi:
§ Siswa diberi kesempatan bertanya pada materi
yang belum difahami.
§ Guru dan siswa bertanya jawab meluruskan
kesalah pemahaman materi.
§ Siswa diminta untuk melakukan memajangan
hasil diskusi
|
Ceramah
Tanya jawab
|
kertas gambar, kertas manila,
|
5 menit
30 menit
5 menit
|
Kegiatan Akhir:
|
|
|
20 menit
|
§ Siswa dengan guru menyimpulkan materi yang
dipelajari hari ini
Evaluasi:
§ Siswa diminta untuk mengerjakan tugas
individu
Refleksi:
§ Guru menanyakan kesan pembelajaran hari ini
dan memberi saran memanfaatkan waktu luang untuk belajar
§ Guru memberikan penghargaan pada kelompok
yang bekerja dengan baik
Penutup dan salam
|
|
LKS
|
5 menit
15 menit
|
Alat dan Sumber Belajar :
-
Kertas kecil bergambar
-
Kertas manila
-
Buku paket
-
LKS
-
Buku penunjang lainnya
Penilaian :
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
3.1.1.
Merumuskan perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka dengan penjumlahan berulang
|
Tes
|
Tulis
|
4 x 3 = ... + ... + ...
|
3.1.2.
Menghitung perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka dengan penjumlahan berulang
|
Tes
|
Tulis
|
3 x 5 = ...
2 x 6 = ...
|
3.1.3.
Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
|
Tes
|
Tulis
|
Ada 5 meja di restoran. Masing-masing meja terdapat 4 orang
yang sedang makan. Berapa banyak orang yang makan di restoran itu?
|
No
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
keterangan
|
1.
|
Kerja sama dengan kelompok
|
|
Penampilan siswa mewakili kelompok
|
2.
|
Kebenaran penggunaan produk
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Keterangan
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
Kerjasama
|
Selalu kerja sama
|
3
|
|
Kadang-kadang kerja sama
|
2
|
|
Tidak mampu bekerja sama
|
1
|
Kebenaran penggunaan
|
Sesuai dengan penggunaan
|
3
|
|
Ada salah satu langkah yang kurang tepat
|
2
|
|
Tidak sesuai petunjuk penggunaan
|
1
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
( Observasi dan Mendemontrasikan )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
semua benar
sebagian
besar benar
sebagian
kecil benar
semua
salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
Pengetahuan
kadang-kadang
Pengetahuan
tidak
Pengetahuan
aktif
Praktek
kadang-kadang
aktif
tidak
aktif
Sikap
kadang-kadang
Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Mengetahui
Kepala MI. AL MA’ARIF
( )
|
|
Sidoarjo , 27 Mei 2013
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar