Selasa, 06 November 2012

METODOLOGI PENELITIAN



              MASALAH
Mengapa game online dapat mempengaruhi prestasi anak usia Sekolah Dasar di MI Nurul Huda ??
           FAKTA
Pada dasarnya game online ini sama dengan game ofline. Hanya beda pada ofline dan onlinenya saja dan jumlah lawan mainnya. Dalam game ofline tidak menggunakan internet sedangkan pada game online menggunakan internet. Pengaruh game online terhadap prestasi belajar anak sangat dirasakan oleh orang tua. Permaian ini sangat menyita waktu anak. Salah satunya adalah waktu istirahat yang cenderung digunakan anak untuk duduk di depan layar komputer dan terhanyut oleh permainan game online. Akibatnya, ketika harus belajar, energi anak sudah terkuras karena game online tersebut. Sehingga dapat mengganggu prestasi belajar anak. Terutama untuk anak usia Sekolah Dasar, yang merupakan usia bermain, mereka masih belum bisa menyaring mana yang baik dan mana yang kurang baik untuk mereka lakukan, begitu juga memahami dampak yang terjadi akibat kegemarannya tersebut yang mereka tahu hanya mereka senang bermain game tersebut. 


HARAPAN
Harapannya, anak-anak bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Waktu untuk istirahat digunakan untuk istiahat, waktu untuk bermain dikgunakan untuk bermain, dan waktu untuk belajar digunakan untuk belajar dengan sebaik-baiknya. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia dan tidak ada nilai merah di rapornya.
Untuk mencegah kebiasaan anak bermain game online, bisa digunakan metode parenting yaitu dimana orang tua melakukan suatu pendekatan terhadap anak-anak mereka, menjadi teman bermain, menjadi tempat berkeluh kesah mereka, sehingga terjalinlah suatu hubungan yang baik antara orang tua dengan anak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua adalah menjalin kerja sama dengan guru di sekolah untuk turut membantu memantau perkembangan belajar siswa, menjalin komunikasi informal agar seorang anak bisa terbuka pada orang tua sehingga orang tua bisa memberikan pendidikan kepada anak tanpa sang anak merasa dihakimi, belajarlah tentang game online sehingga bisa berdiskusi dengan anak tentang permainan tersebut sehingga anak lebih betah di rumah karena bisa mendapatkan teman ngobrol yang memahami dunia mereka, dan berikan waktu khusus bermain game online dan tegasi anak untuk tidak bermain di luar waktu yang telah di sepakati. Ini menunjukkan bahwa anda tidak sengaja melarang namun juga memberi kelonggaran. Di sisi lain anda mengajarkan untuk bertanggung jawab pada waktu yang dimilikinya.


Ø  JUDUL :
PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA USIA SEKOLAH DASAR DI MI NURUL HUDA DITENGAH CANDU GAME ONLINE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar