"Meningkatkan Perhatian Siswa dalam Proses Menghafal Rumus-Rumus Materi Bangun Datar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SDI Sabilillah Melalui Metode Bernyanyi"
A. Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi
modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya
pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi
dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan,
aljabar, analisis dan teori peluang. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di
masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika
perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk
membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis,
kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut
diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola,
dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu
berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Dewasa ini Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang
menakutkan bagi siswa. Terlalu banyak rumus dan menuntut siswa untuk berpikir
logis karena matematika merupakan ilmu pasti dan tidak bisa menggunakan nalar. Maka peran serta guru disini sangatlah diperlukan
sekali, baik buruknya suatu pembelajaran tergantung guru yang menyampaikan
pelajaran. Seorang guru harus lebih kreatif dalam memilih media maupun metode
yang akan disampaikan pada siswa.
Metode
merupakan cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan[1]. Jika penggunaan media dan metode sesuai dengan
pelajaran maka bukan tidak mungkin pelajaran yang disampaikan akan sesuai yang
diharapkan dan siswa pun akan paham dan puas dengan apa
yang disampaikan.
Dalam mengatasi masalah
siswa kelas IV yang kesulitan dalam menghafal rumus-rumus bangun datar pada mata
pelajaran Matematika, SDI Sabilillah menggunakan metode bernyanyi. A.T. Mahmud
(1996) menyatakan bahwa bernyanyi merupakan suatu seni untuk mengungkapkan
pikiran dan perasaan manusia melalui nada dan kata-kata[2].
Dengan menggunakan metode bernyanyi yang bervariatif siswa dapat tertarik,
lebih cepat menghafal daripada menghafal dengan metode biasa, dan yang lebih penting siswa menjadi tidak
mudah bosan dalam proses pembelajaran.
Dengan memperhatikan latarbelakang di atas,
maka penulis tertarik untuk mengkaji sejauh mana metode barnyanyi dapat
meningkatkan perhatian siswa dalam menghafal rumus-rumus bangun datar pada
pelajaran Matematika kelas IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo.
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang yang telah
dipaparkan, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : “Apakah dengan guru menggunakan Metode Bernyanyi dapat meningkatkan
perhatian hafalan rumus-rumus bangun datar pada pelajaran Matematika
kelas IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo?”
C. Tujuan
Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengatasi kesulitan siswa
kelas IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo. Secara
khusus tujuan dari penelitian ini adalah diantaranya:
1.
Masukan bagi guru, khususnya guru Matematika dalam proses
pembelajaran banyak sekali metode yang dapat digunakan.
2.
Meningkatkan perhatian siswa dalam menghafal dengan menggunakan Metode
bernyanyi.
3. Untuk mengetahui apakah melalui Metode Bernyanyi dapat meningkatkan perhatian menghafal siswa kelas
IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapakan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi peneliti merupakan bahan pengalam untuk mengembangkan diri dalam proses KBM.
2. Bagi siswa dapat dijadikan sebagai
metode dalam meningkatkan hafalan suatu materi pelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar