Senin, 07 Januari 2013

Contoh Proposal



 "Meningkatkan Perhatian Siswa dalam Proses Menghafal Rumus-Rumus Materi Bangun Datar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SDI Sabilillah Melalui Metode Bernyanyi"

A.    Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis dan teori peluang. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Dewasa ini Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Terlalu banyak rumus dan menuntut siswa untuk berpikir logis karena matematika merupakan ilmu pasti dan tidak bisa menggunakan nalar. Maka peran serta guru disini sangatlah diperlukan sekali, baik buruknya suatu pembelajaran tergantung guru yang menyampaikan pelajaran. Seorang guru harus lebih kreatif dalam memilih media maupun metode yang akan disampaikan pada siswa.
Metode merupakan cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan[1]. Jika penggunaan media dan metode sesuai dengan pelajaran maka bukan tidak mungkin pelajaran yang disampaikan akan sesuai yang diharapkan dan siswa pun akan paham dan puas dengan apa yang disampaikan.
            Dalam mengatasi masalah siswa kelas IV yang kesulitan dalam menghafal rumus-rumus bangun datar pada mata pelajaran Matematika, SDI Sabilillah menggunakan metode bernyanyi. A.T. Mahmud (1996) menyatakan bahwa bernyanyi merupakan suatu seni untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan manusia melalui nada dan kata-kata[2]. Dengan menggunakan metode bernyanyi yang bervariatif siswa dapat tertarik, lebih cepat menghafal daripada menghafal dengan metode biasa,  dan yang lebih penting siswa menjadi tidak mudah bosan dalam proses pembelajaran.
            Dengan memperhatikan latarbelakang di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji sejauh mana metode barnyanyi dapat meningkatkan perhatian siswa dalam menghafal rumus-rumus bangun datar pada pelajaran Matematika kelas IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo.
B.       Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang yang telah dipaparkan, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : “Apakah dengan guru menggunakan Metode Bernyanyi dapat meningkatkan perhatian  hafalan rumus-rumus bangun datar pada pelajaran Matematika kelas IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo?”
C.      Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengatasi kesulitan siswa kelas IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah diantaranya:
1.      Masukan bagi guru, khususnya guru Matematika dalam proses pembelajaran banyak sekali metode yang dapat digunakan.
2.      Meningkatkan perhatian siswa dalam menghafal dengan menggunakan Metode bernyanyi.
3.   Untuk mengetahui apakah melalui Metode Bernyanyi dapat meningkatkan perhatian menghafal siswa kelas IV SDI Sabilillah Sidokare-Sidoarjo.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapakan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.   Bagi peneliti merupakan bahan pengalam untuk mengembangkan diri dalam proses KBM.
2.   Bagi siswa dapat dijadikan sebagai metode dalam meningkatkan hafalan suatu materi pelajaran.







[1] Lapis PGMI, Strategi Pembelajaran, hal 11

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar